Kamis, 28 April 2011

VALENTIN DAY menurut Islam


BUDAYA BURUK REMAJA BARAT


VALENTIN’S DAY bukanlah suatu hal yg asing di kalangan remaja, apalagi di kalangan ABG saat ini.valentine’s day di rayakan saben 14 februari yg di klaim sbg hari kasih sayang ternyata kedok belaka,ternyata mempunyai latar belakang yg bukan dari islam. Kalau kita tanggap & paham maka mustahil bagi mereka /kita mengikuti budaya tsb.
Muncul pertanyaan…..!!!! apa itu  valentine’s day..?

HISTORY VALENTINE DAY

AWALNYA bangsa romawi merayakan acara untuk memperingati hari besar mereka, yang jatuh pada tanggal 15 februari, yg mereka namakan feast of lupercalia. Peringatan ini diperingati untuk menghormati JUNO [Tuhan wanita] kalau sekarang modin cewek, serta PAN [Tuhan dari alam ini ] seperti apa yang mereka percayai pada saat itu,nama para gadis ditulis di selembar kertas dan dimasukkan ke gelas kaca .Nantinya ,para pria harus mengambil satu kertas yang berisikan nama gadis itu,Nama yang keluar akan menjadi teman kencannya di festival itu . kemudian pasangan ini saling tukar menukar hadiah  sebagai pernyataan cinta kasih . acara itu di lanjutkan dengan berbagai macam pesta dan huru hara bersama pasangannya masing-masing. Pergaulan dalam pesta itu berlangsung lama hingga pesta itu berakhir. Ngga’ jarang, pasangan ini jatuh cinta hingga akhirnya menikah. Saat ini sudah jadi rahasia umum dan sudah biasa pasangan-pasangan di luar jamaah yang cewek menyerahkan ke hormatanya kepada pacarnya sebagai bukti cintanya. Subhaanaallah……..?????
                Setelah penyebaran agama Kristen para pemuka gereja mencoba memberikan pengertian ajaran Kristen terhadap para pemuja berhala itu ( mempararel ). Pada tahun 496 M sebelum kita lahir, paus galacius ( pope galacius ) mengganti peringatan lupercalia  menjadi saint valentin’s day, yaitu hari kasih sayang untuk orang-orang suci
                Dalam sejarah perayaan valentin’s, para ahli sejarah tidak setuju  dengan upaya hal itu dengan St valentin’s , bahkan pada pemerintahan kaisar Claudius II  melarang acara itu, kebetulan romawi saat itu dalam keadaan perang. Claudius kesulitan dalam mencari armadanya. Dia yakin, ini di sebabkan para pria romawi enggan meninggalkan keluarga dan kekasihnya . Lalu, Claudius memerintahkan untuk membatalkan semua pernikahan dan tunangan di romawi.
Seorang pendeta terkenal  saint valentin’s yang hidup di roma pada tahun 270 M di  bawah kekuasaan kaisar Claudius II  .St. valentin’s  pernah di tangkap oleh orang-orang romawi, dan di masukan ke penjara karna di tuduh membantu satu pihak untuk memusuhi dan menentang kaisar, yakni menikahkan pasangan kekasih. ST valentin’s  berhasil di tangkap akhir tahun 270 M dan kepala di penggal oleh orang-orang romawi di palatine hill ( bukit palatine ) dekat altar kuno dalam kaitanya dalam acaranya valentine’s day.
ST valentin’s  ini adalah pendeta terkenal di daerah terni suatu tempat sekitar 60 mil dari kota roma. Sebelum di penggal pendeta itu menulis surat ke pada para putri para penjaga penjara yg isinya” mendo’akan semoga bisa melihat dan dapat kasih sayang dari Tuhan dan kasih sayang dari manusia …dari valentinmu. Demikian ditulis valentin’s pada akhir surat itu. Surat itu tertanggal 14 februari 270 M, sehingga hari tersebut di tetapkan menjadi hari valentin’s day/hari kasih sayang dan para pastur juga sepakat mengantikan nama perayaan “luperalia” menjadi”hari santo valentinus”.
Sementara orang eropa menyatakan tanggal 14 februari adalah hari kasih sayang Bagi burung jantan dan burung betina yang sudah kebet kawin, sehingga berkembang mitos jika mencari pasangan pada hari itu.

KEPERCAYAAN DAN ADAT VALINTINE’S DAY
DI Inggris untuk memperingati VD (valentine day).” sebelum vd tiba mereka membawa tetesan salju  kedalam rumah, dgn harapan anak gadisnya yg blm nikah akan segera menikah sblm tahun itu berakhir.
Mayoritas adat yg berkembang momentum VD di gunakan utk memilih jodoh dgn cara yg romantis bahkan terkesan konyol dan syirik. Beberapa adat barat punya banyak cara utk mengetahui calon suami mereka, antara lain : mereka menulis beberapa nama cowok yg di taksir pd beberapa kertas dan di gulung dlm potongan                                                                                                                                                                                                  tanah liat yg kecil kemudian mereka menjatuhkan nya kedalam air,adapun kertas yg mengapung pertama kali di percaya sbg pria yg akan menyanyanginya dan akan jadi suaminya.( jangan gilaaaa…….doooooooooooong…..!!!!!!!!)

Ada juga beberapa gadis yg meramal calon suami mereka dgn daun salam dgn cara meletakkan daun tsb di tiap sudut kamar dan di bawah bantal ketika mlm VD, pada saat mimpi dia akan melihat calon suaminya…(jareneee………………???????????).
Sudah seharusnya kita umat islam orang iman khususnya generasi muda islam, yg mengklaim dirinya menetapi agama yg murni dan fanatic berdasar al-qur’an & al-hadist agar tidak latah (ikut**an kebiasaan orang lain tanpa tahu maksud sebenernya.) mengadakan, mengistemewakan,/mengucapkan selamat di hari VALENTIN'S DAY, sebab bila kita liat latar belakangnya bagaimana hukumnya mengerjakan adat jahiliyah tsb.:


 “ kamu janganlah terbujuk sungguh oleh gerak gerik|kelakuannya orang** kafir di dlm Negara ,sbb semua itu kesenangan yg sedikit  kemudian tempat mereka  adalah neraka jahanam yang sejelek-jelek nya alas’’ Q.s Ali imron 196-197
قال النبي صلي الله عليه وسلم من تشبه بقوم فهو منهم{رواه ابو داود عن ابن عمر}
“Nabi Muhammad  SAW bersabda: barang yang siapa menyerupai suatu kaum ,maka dia termasuk mereka ”   H.r Abu daud  dari ibni umar.
         Sesungguhnya yang kita soroti lebih dalam tentang hal ini adalah bagaimana dampak acara pada generasi islam umumnya  dan jm khususnya .Hari kasih sayang  yang dapat kita artikan secara bebas dan di luar kerangka pemikiran QHJ yaitu cenderung kearah negatif , seperti yg di tampilkan dlm telenovella yg ada di TV swasta di negri kita. Bahkan menyambut VD. Selain itu sekarang menjamur  film** percintaan  seperti yg diajarkan oleh james vanderbeek  dalam serial remaja  dawson creek ,juga serial BH 90210 merlos please  yg isinya memuat ide** permissive and free thingking yang tayanganya menghalalkan pergaulan bebas-sebebasnya (pokok’e ora meteng). Film dalam negri pun juga seperti itu bisa kita lihat dalam intan, Eiffel I’m in love, heart, virgin, dll. Mereka mengajarkan gaya gaul model KNPI alias kissing, necking, petting, dan intercourse (hoho hihe) yang menyuguhkan aktivitas melanggar syariat. Kita harus yakin bahwa budaya barat semacam ini harus kita tolak karena peradapan dan kebobrokan  akhlaknya. Ingat firman allah:

    “ingat!!!! Kita merayakan VD dlm bentuk apapun hukumnya adalah harom . firman allah     

Sebelum kita terjerumus budaya kufur dan menyesal, ingatlah Sabda Nabi Muhammad S.A.W,yg di riwayat kan Abu said Al kudri, ‘’kamu akan mengikuti sunah orang** sebelum kamu, sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta, sehingga mereka masuk ke lubang biawak, kamu tetap mengikuti mereka,  kami bertanya ; wahai rosulullah ,apakah yang anda maksud itu orang ** Yahudi- Nasroni? Rosulullah bersabda ;kalau bukan mereka lalu siapa lagi ?(H.R bukhori)
               Ingat VD adalah budaya non islam yg jelas** ingin merusak akidah generasi islam. VD merupakan produk budaya barat yg efektif melunturkan nilai** islam kita . supaya kita merasa malu,kerdil,dan keki menggunakan adat islam. Sungguh ironis memang pada saat kita menyaksikan menggunakan atribut ,poster** group musik seperti  radja,peterpan,linkink park dll.sebaliknya mereka merasa keki bila memajang poster KH.Nur hasan ,KH.nur asnawi, tokoh islam lainnya...
               Maka dari itu kita supaya sadar sbg generus yg di andalkan,sekali lagi jangan sampai terpengaruh. Dalam islam telah banyak sekali mengajarkan berbagai macam acara  yg bermanfaat bagi kita. Sebagai orang iman sudah sepatutnya kita jadikan Nabi Muhammad S.A.W sebagai teladan yg baik, figure yg patut di contoh sepanjang zaman, termasuk juga dalam mencari jodoh. Dalam hubungan sesama 
manusia cara-cara islam lebih mulia dari pada cara-cara barat,maka;
’BANGGALAH SEBAGAI ORANG IMAN YANG BERBUDAYA 
ISLAM DAN BERPERILAKU SESUAI QUR’AN KHADIST….!!!!!’’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar